Dihadiri Walikota Madiun, SMPN 2 Madiun Adakan Sosialisasi KBM dan Parenting

Bagikan

MADIUN- SMP N 2 Madiun menggelar sosialisasi kegiatan belajar mengajar dan   parenting yang dihadiri oleh  orang tua siswa dan wali murid kelas 7 dan 9 , Selasa (6/8/2019).

Kepala SMP Negeri 2 Madiun, Fachtur Rahman mengatakan kegiatan parenting digelar untuk menyosialisasikan visi, misi, dan sistem pendidikan di SMPN 2 Madiun

Dalam sambutannya, Fachtur Rahman  menyampaikan tentang perlunya pendampingan dalam pembentukan karakter siswa, baik di rumah maupun di sekolah. Selain itu juga disampaikan sosialisasi Kurikulum Sekolah oleh Hamim Thohari., selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum. Dalam sosialisasinya disampaikan tentang Kurikulum sekolah yang mengacu pada kurikulum 2013. Tidak lupa dalam pertemuan ini juga disampaikan tentang tata tertib sekolah yang disampaikan oleh Fitri, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan.

“Kami juga menjelaskan program-program di sekolah. Kami harapkan terbangun kerjasama pendidikan antara sekolah dan keluarga siswa, “ujar Fachtur Rahman.

Di kegiatan tersebut, selain menyosialisasikan program sekolah, juga tentang penggunaan handphone di lingkungan sekolah, yang semula dilarang penggunaanya.

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi yang juga merupakan ketua komite sekolah,  yang hadir di kegiatan tersebut, di hadapan para orang tua wali murid itu dirinya mengatakan, orang tua harus hadir dalam pendidikan siswa.

“Sekarang sudah 5 hari sekolah, saat Sabtu dan Minggu peran orang tua harus dioptimalkan. Beri arahan ke anak-anaknya, jangan hanya dimarahi saja,” ujarnya.

Lebih lanjut Walikota yang juga merupakan mantan pengajar ini mengimbau kepada orang tua agar jangan lupa untuk selalu mengawasi anaknya, jangan hanya dimarahi tapi diarahkan juga. Orang tua harus jadi teman anak-anaknya.

“Lihat minatnya anak-anak. Kalau maunya jadi tentara, sekolah harus menyiapkan sarana prasarana untuk menunjang minat siswa. Harus ada komunikasi yang baik juga antar orang tua dan guru,” ungkapnya.

Selanjutnya akhir dari sosialisasi ini adalah kajian parenting yang disampaikan oleh DR.Dahlia dari Universitas PGRI Madiun dan Yosep Rusfendi, S.Sos dari Relawan Teknologi Informasi Komunikasi. DR Dahlia menyampaikan tentang perang orangtua dalam mendidik anak.

“Dalam pendidikan anak, seharusnya orangtua senantiasa memberikan contoh, tidak memarahi anak dan senantiasa menasehati dengan bahasa yang lemah lembut dan tidak menyakiti. Selain itu demi keberhasilan seorang anak, orangtua harus senantiasa mendoakan anak sampai kapanpun” tutur Dahlia.

Sementara Yosep lebih menekankan tentang pemanfaatan teknologi untuk mempererat hubungan orang tua dan anak.

“Memang ada aplikasi parental control sebagai alat bantu melakukan pengawasaan bagi anak saat berteknologi. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana aplikasi tersebut bisa sumber informasi aktifitas anak menggunakan gadget dan menciptakan komunikasi yang intents antara orang tua dan anak.”

Kegiatan diakhiri dengan sosialisasi dari Dinas Perhubungan Kota Madiun tentang pemanfaatan angkutan gratis bagi siswa di Kota Madiun. (kwr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *